Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Perkembangan gagasan dan gerakan ekonomi syariah dalam dua dekade terakhir menunjukkan kemajuan yang sangat pesat dan menjadi fenomena global di hampir seluruh penjuru dunia. Perkembangan pesat tersebut ditandai oleh menjamurnya berbagai lembaga keuangan syariah meliputi perbankan syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah, pasar modal syariah, dan reksa dana syariah. Di lain sisi, geliat kebangkitan ekonomi syariah juga ditandai dengan bermunculannya beragam industri barang dan jasa yang dikelola sesuai syariah. Kini, telah banyak perusahaan yang mengusung konsep dan bendera syariah dalam pengelolaannya dan bergerak di berbagai sektor, seperti industri perhotelan, restoran, perumahan, transportasi, retail, dan multi level marketing. Selain itu, ribuan BMT dan koperasi syariah juga turut menggerakkan sektor riil syariah.

Merespon perkembangan gagasan dan praktik ekonomi syariah yang amat cepat itu, lembaga pendidikan tidak tinggal diam. Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) merupakan perguruan tinggi pertama di lingkungan politeknik di seluruh Indonesia yang menyelenggarakan disiplin ilmu ekonomi syariah dengan program studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS) dengan jenjang Diploma IV.

Progam Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS) Politeknik Negeri Banjarmasin secara formal berdiri pada tahun 2006 berdasarkan ijin dari Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas No. 772/D/T/2006 tanggal 21 Februari 2006. Program Studi D4 Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS) dirancang dengan sistem paket.Total Sistem Kredit Semester (SKS) yang mencakup kurikulum dengan total kredit 147 SKS, termasuk didalamnya Praktek Kerja Lapangan 3 SKS dan Skripsi 6 SKS.Salah satu Keunggulan Prodi D4 ALKS adalah kombinasi keilmuan akuntansi konvensional dan akuntansi syariah yang memungkinkan lulusannya mampu bersaing baik dalam dunia bisnis secara umum maupun dalam industri keuangan syariah.